Hitstat

09 January 2017

2 Yohanes - Minggu 1 Senin



Pembacaan Alkitab: 2 Yoh. 1-7
Doa baca: 2 Yoh. 7
Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itulah si penyesat dan antikristus.


Pokok surat ini adalah larangan mengambil bagian dalam bidah. Yohanes berbicara tentang bidah dalam ayat 7, “Sebab banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia, yang tidak mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Itulah si penyesat dan antikristus.” Aliran bidah tertentu menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus (1 Yoh. 2:22), dan yang lain menyangkal Anak (Putra), tidak mengakui bahwa Yesus adalah Putra Allah (1 Yoh. 2:23). Cerintus, yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus, adalah satu bidah. Dosetis dan Gnostik juga mengajarkan bidah mengenai persona Kristus.

Surat 2 Yohanes melarang kita mengambil bagian dalam suatu ajaran bidah mengenai persona Kristus. Dalam ayat 10 Rasul Yohanes mengatakan, “Jikalau seseorang datang kepadamu dan ia tidak membawa ajaran ini, janganlah kamu menerima dia di dalam rumahmu dan janganlah memberi salam kepadanya.” Seperti dalam ayat 9, “ajaran” di sini adalah ajaran mengenai ke-Allahan Kristus, khususnya mengenai inkarnasi-Nya oleh keterkandungan ilahi. Dalam surat ini Yohanes memperingatkan kita agar jangan menerima seseorang yang menyangkal kebenaran mengenai ke-Allahan dan inkarnasi Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Yohanes, Berita 1

No comments: