Hitstat

03 December 2016

1 Yohanes - Minggu 15 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Why. 13:12
Doa baca: Why. 13:12
Seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.


Mengenai antikristus yang akan datang, guru-guru Alkitab mempunyai penafsiran yang berbeda-beda. Misalnya, dalam Alkitab referensinya, Dr. Scofield mengatakan bahwa antikristus adalah binatang kedua dalam Wahyu 13, binatang yang keluar dari dalam bumi: “‘banyak antikristus’ mendahului dan menyiapkan jalan bagi Antikristus, yang adalah ‘binatang yang keluar dari dalam bumi’ dalam Wahyu 13:11-17 dan ‘nabi palsu’ dalam Wahyu 16:13; 19:20; 20:10. Dia adalah kepala gerejawi yang terakhir, sebagaimana binatang dalam Wahyu 13:1-8 adalah kepala terakhir pemerintahan sipil. Untuk tujuan penganiayaan dia diizinkan menjalankan kekuasaan otokrasi dari kaisar binatang itu.” Berkebalikan dengan pengertian Scofield, guru-guru Alkitab yang lain mengatakan bahwa binatang pertama dalam Wahyu 13 adalah antikristus dan binatang yang kedua adalah nabi palsu. Tetapi Scofield mengatakan bahwa binatang yang kedua, nabi palsu, adalah antikristus. Ini berarti Dr. Scofield mengatakan bahwa nabi palsu adalah antikristus.

Alkitab The New Scofield Reference Bible dalam catatannya mencatat suatu penafsiran yang agak berbeda, “Banyak orang memperkenalkan ‘binatang yang keluar dari dalam bumi’ sebagai Antikristus ... Jika ‘binatang yang keluar dari dalam bumi’ (ayat 11-17) adalah Antikristus, dia sama dengan ‘nabi palsu’ dalam 16:13; 19:20; 20:10. Karena kata ‘antikristus’ tidak pernah digunakan secara langsung kepadanya, akan tetapi, beberapa orang menganggap istilah ‘antikristus’, yang didefinisikan dengan arti menentang Kristus, seperti digunakan untuk binatang yang pertama (ayat 1-10), yang adalah penguasa politik.” Karena itu, jelaslah bahwa guru-guru Alkitab mempunyai penafsiran-penafsiran yang berbeda tentang kepada siapa gelar “antikristus” harus digunakan.

Kita telah membahas masalah ini untuk menjelaskan bahwa tidak hanya ada satu antikristus. Saya tidak yakin ada guru Alkitab yang berani mengatakan bahwa hanya manusia durhaka yang akan datang, anak kebinasaan, yang adalah antikristus itu. Kita tidak boleh terlalu tegas sehingga mengajarkan bahwa hanya ada satu antikristus dan sebelum kedatangan orang ini tidak akan ada antikristus-antikristus yang lain. Tetapi karena ajaran-ajaran tradisional, banyak orang Kristen mempunyai konsepsi bahwa hanya ada satu orang yang akan menjadi antikristus itu.

Guru-guru Alkitab sering membicarakan tentang antikristus itu, memberi penekanan bahwa antikristus adalah satu nama diri yang hanya mengacu kepada satu orang. Akan tetapi menurut istilah yang dipakai oleh Yohanes dalam 2:18, 22; 4:3; dan 2 Yohanes 7, ini adalah satu gelar yang umum, satu gelar yang mengacu kepada satu macam orang. Ini bukanlah satu gelar yang unik, nama diri yang mengacu kepada satu orang yang khusus. Karena itu, gelar “antikristus” berbeda dengan gelar “Kristus”, karena hanya ada satu Kristus dan seseorang yang mengaku dirinya Kristus adalah seorang kristus palsu atau seorang antikristus. Tetapi kita tidak boleh memakai kata antikristus seolah-olah ia adalah satu nama diri.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 30

No comments: