Hitstat

09 September 2016

1 Yohanes - Minggu 3 Jumat



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 2:24; Ibr. 9:28
Doa baca: Ibr. 9:28
Demikian pula Kristus hanya satu kali saja mengurbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang. Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya untuk kedua kalinya bukan untuk menanggung dosa, tetapi untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka yang menantikan Dia.


Dosa kita, yaitu dosa yang tinggal dalam sifat kita (Rm. 7:17), telah dibereskan melalui Kristus sebagai kurban penghapus dosa (Im. 4; Yes. 53:10; Rm. 8:3; 2 Kor. 5:21; Ibr. 9:26). Dosa-dosa kita, yaitu pelanggaran kita, juga telah dibereskan oleh Kristus sebagai kurban penebus salah (Im. 5; Yes. 53:11; 1 Kor. 15:3; 1 Ptr. 2:24; Ibr. 9:28). Setelah kita dilahirkan kembali, kita masih perlu menerima Kristus sebagai kurban penghapus dosa untuk dosa dalam sifat kita, seperti yang ditunjukkan dalam 1 Yohanes 1:8, dan sebagai kurban penebus salah untuk dosa-dosa dalam perilaku kita, seperti yang ditunjukkan dalam 1 Yohanes 1:9.

Alkitab mewahyukan bahwa ketika Tuhan Yesus di atas salib, Dia dibuat menjadi dosa karena kita (2 Kor. 5:21). Karena Tuhan telah dibuat menjadi dosa karena kita, Dia menghukum dosa melalui kematian-Nya di atas salib. Roma 8:3 mengatakan, Allah "mengutus Anak-Nya sendiri sebagai manusia yang serupa dengan daging yang dikuasai dosa dan untuk menghapuskan dosa, Ia telah menjatuhkan hukuman atas dosa di dalam daging." Di sini kita melihat bahwa melalui penyaliban Kristus, dosa telah dihukum. Karena inilah, Yohanes 1:29 mengatakan tentang Dia sebagai Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia, dan Ibrani 9:26 mengatakan bahwa Kristus "menyatakan diri-Nya pada zaman akhir untuk menghapuskan dosa dengan kurban diri-Nya." Ini berarti Kristus mempersembahkan diri-Nya sendiri karena dosa.

Ketika kita percaya kepada Tuhan Yesus, kita menerima Dia sebagai Penebus kita. Ini menyiratkan bahwa kita menerima Dia sebagai kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah kita. Menerima Tuhan Yesus sebagai Penebus kita mencakup menerima Dia sebagai kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah. Sering kali kita mengatakan bahwa darah Yesus membersihkan kita. Darah adalah darah kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah. Dalam 1 Yohanes 1:7 Yohanes membicarakan darah Yesus yang membersihkan kita dari semua dosa. Ini adalah darah Tuhan Yesus sebagai kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah. Sekarang, karena kita telah percaya kepada Kristus, kita memiliki Dia sebagai Penebus, Seorang yang adalah kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah kita. Karena itu, dosa dan dosa-dosa telah dibereskan. Kita telah diampuni oleh Allah, dan kita telah dicuci, dibersihkan oleh darah Tuhan. Seperti yang telah kami jelaskan, darah Yesus adalah darah kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah. Kita semua telah percaya kepada Kristus dan menerima Dia sebagai kurban penghapus dosa dan kurban penebus salah kita.

Yohanes mengatakan bahwa siapa saja yang mengatakan bahwa karena ia sudah dilahirkan kembali, maka ia tidak memiliki dosa (tunggal) berarti menipu diri mereka sendiri, menyesatkan dirinya sendiri. Mengatakan bahwa karena kita telah dilahirkan kembali, maka kita tidak mempunyai dosa adalah menipu diri sendiri dan menyangkal fakta nyata dari pengalaman kita; demikian kita menyesatkan diri sendiri. Jangan mengatakan bahwa kita tidak mempunyai dosa lagi. Dosa tetap ada di dalam daging kita, dalam sifat kita yang penuh dosa.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Yohanes, Buku 1, Berita 6

No comments: